Home      Java Forum      Service Hardware      Zeos Database      Template
Ruang forum ini kami sediakan bagi pecinta dan praktisi elektronika dan komputer. Bila ada pertanyaan seputar elektronika silahkan kirim via e-mail kami dan akan kita bahas bersama.
Kami menyediakan e-book antara lain:
1. Service Monitor
2. Service Printer
3. Service CPU
4. Dasar Elektronika
Jika ada yang berminat dengan e-book bisa hubungi kami via e-mail atau www.software-pendidikan.com Terima kasih.

Selasa, 07 Agustus 2007

Service Reparasi Monitor komputer

Monitor komputer merupakan salah satu perangkat yang penting dalam komputer, dibawah ini ada beberapa tips - tip yang bisa dijadikan analisa jika computer kita mulai rusak.

  1. Daftar Kerusakan Power Supply

Gejala Yang Diimbulkan Kerusakan Komponen Indikator layar gelap Kabel power, fuse, dioda bridge, transistor output Regulator, Dioda Zener, IC Oscilator Gambar gelombang Elco Filter, Dioda Bridge Gambar bergetar Condensator diseputarakan Oscilator .


2. Daftar Kerusakan Horizontal


Gejala yang ditimbulkan Kerusakan komponen Indikator hidup layar gelap IC Oscilator Horizontal, Transistor Driver Horizontal, Transistor Output Horizotal, Playback Gambar terlalu ke kiri atau ke kanan Trimpot H-Hold, Trimpot H-Line, IC Oscilator Horizontal Gambar melebar bagia kiri dan kanan Transistor Pelebar Jalur, Yoke Defleksi. Raser satu garis vertikal Condensator Non Polar. Gambar garis-garis hold Card Adapter, IC Syncronisasi, Kabel data. Gambar terlalu kontras Trimpot Sub-Brigtness, Trimpot Sub-Contras, Potensio Screen. Gambar tidak fokus Potensio Fokus, SocketCRT. Gambar redup/gelap Trimpot Sub-Brigtness, Trimpot Sub-Contras, Potensio Screen, CRT. Gambar lengkung dipinggir kiri dan kanan Trimpot Pinchusion, Yoje Defleksi. Ada blanking/garis-garis putih Potensio Screen, Flayback.


37 komentar:

Themes XP mengatakan...

Mas kalau monitor komputer tiba-tiba mati itu biasanya karena apa. Sebelumnya tidak pernah ada gejala eror, tiba-tiba aja mati. Apakah masalah kabel saja?

Oh iya, mo gak tukeran link dgn saya di http://allfilez.blogspot.com

I Made Wibawa Putra mengatakan...

made wibawa :

Kerusakan monitor mati penyebabnya karna Komponen power supply. di antaranya berupa transistor

Gerland Purnama mengatakan...

Mas kalau IC Horizontal rusak terus tidak ada yang jual ditoko bisa nggak pake yang lain soalnya tipe IC saya LM139 1N dan susah dicarinya mohon info selanjut kalau bisa kirim Via e-mail ya gerlandid@yahoo.com

Gerland Purnama mengatakan...

Mas kalau IC Horizontal rusak terus tidak ada yang jual ditoko bisa nggak pake yang lain soalnya tipe IC saya LM139 1N dan susah dicarinya mohon info selanjut kalau bisa kirim Via e-mail ya gerlandid@yahoo.com

I Made Wibawa Putra mengatakan...

Cari saja IC persamaanya karna tiap negara biasanya mengelurakan produk
dengan kode sendiri2. toko elektronik biasanya punya buku persamaan kode
IC atau transistor. atau cari pada situs buku elektronik.

terima kasih.

Gerland Purnama mengatakan...

Mas waktu saya udah beli IC LM 1391N, ternyata setelah saya pasang masih tidak mau loh mas,kira-kira apanya ya mas soalnya monitor saya lampu indikator hidup tapi tidak ada gambar alias gelap,tapi kalau saya ukur tegangan output Transistor Colector ternyata hanya 110 Vdc aja mas,emang yang paling normal berapa sih mas, sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuannya, kalau bisa balas ke email ya mas gerlandid@yahoo.com

Gerland Purnama mengatakan...

Mas waktu saya udah beli IC LM 1391N, ternyata setelah saya pasang masih tidak mau loh mas,kira-kira apanya ya mas soalnya monitor saya lampu indikator hidup tapi tidak ada gambar alias gelap,tapi kalau saya ukur tegangan output Transistor Colector ternyata hanya 110 Vdc aja mas,emang yang paling normal berapa sih mas, sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuannya, kalau bisa balas ke email ya mas gerlandid@yahoo.com

service monitor mengatakan...

bagaimana mengganti flyback yang nomer serinya ndak sama (bandrek )

I Made Wibawa Putra mengatakan...

cari flyback bekas dari pc monitor yang telah rusak.
cangkokkan flyback dari monitor yang rusak tersebut flyback monitor yang akan di perbaiki. dengan cara memparalelkan kabel yang menuju ke anoda lensa monitor.lalu sambunglah seluruh kaki yg berada di bawah flyback dari monitor yang rusak itu. lalu hubungkan ke GROUNd (body pcb).
potong kabel focus dari fly back pertama (flyback yang focus monitornya buram)lalu sambungkan kabel focus dari fly back yang di cangkokan ke tempat sambungan dimana kabel focus dari flyback pertama di sambung. (utk kabel focus dari flyback pertama yang telah di potong sebaiknya di isolasi aja karena bisa menimbulkan percikkan api jika menempel ke GROUND ato bodi pcb monitor).

setelah semuanya terpasang dan tersambung dengan benar,maka coba hidupkan monitor lalu putarlah setelan focus yang ada di flyback yang dicangkokkan tadi sehingga gambar dirasakan cukup jelas dan tajam.

Selamat mencoba

gentur mengatakan...

Tampilan di layar tiba-tiba melebar dan tidak bisa dinormalkan lagi, tombol horisontal juga tidak berfungsi,kira2 yg rusak apanya ya?
Terimakasih.

Plankton mengatakan...

mas aq mau ty gmn caranya ganti flyback yang rusak?

Radenmas mengatakan...

Mas saya ada keluhan nih seputar komputer (PC dan Monitor ).
begini..Pada saat PC lagi booting tampilan di monitornya masih normal alias masih ada gambarnya.kemudian pas selesai booting masuk ke windows ko monitornya jadi ga ada gambarnya? trs lampu powernya jg mati tapi lampu indikator buat ngatur contras, brignest itu hidup.nah itu yg rusak apanya monitornya apa dari PC nya ?
mohon bantuannya ..kalo bisa kirim di email saya di radenmas.dhias@gmail.com atau andiasee@yahoo.co.id
trimaksih....

nurindo mengatakan...

Mas kalau monitor lama lama gambar menjadi terang gimana, apa masalahnya / apanya yang rusak

gie mengatakan...

Mas klo mau nyari kmponen2 buat monitor yang lengkap dmn y?soal'y nyari dari monitor bekas jg suka ssh kaya playbek n ic syncronisasi..kn sayang mas jd byk monitor yg gbs dbetulin gara2 gda komponen pengganti yg udah rusak...

gie mengatakan...

Buat @nurindo sy coba bantu y mas..
Menurut sy itu yg bermasalah dari playbek'y.bs datasi dgn mencangkok playbek'y dgn playbek yg laen...
Mdh2an bs membantu.

ridhuan syah mengatakan...

buat @nurindo saya cm skdar bantu aj.klo mnurut sya ya itu dri flay back.ganti aj am yang baru jgn pke yang cangkokan.mhal dkit kan gak ap lah.ok

soegembul mengatakan...

mas mau nanya nih kalau nyari atau beli baru plyback di surabaya ditempat mana.
makasih informasinya.

sarultoluok mengatakan...

salam kenal mas,saya ada monitor accer 17" plat,pake ic c1888Ect, untuk driver vertikal mas,saya udah pusing saya spartnya gk ktemu2,klu ganti modul dimana bsa saya cari?trms

Gwok_sjah mengatakan...

mas kalo tampilan monitor melengkung bagian kiri dan kanan itu yang diganti apa nya y ?

terus kalo monitor seperti ga dapat sinyal / input dari PC ...
itu yang rusak bagian mana ya ya mas..

thx ..:)

softnita2009 mengatakan...

minta alamat emailnya dong, aku punya masalah nih dengan monitorku kalau baru dinyalakan gambarnya buram banget trus lama-lama tambah terang kadang menunggu sampai 20 menit baru bisa terang nah ini bagaimana cara memperbaikinya? udah aku coba putar trimpot fokus di playback eh malah jadi kebalikannya tambah lama makin buram gawat! terpaksa aku putar lagi tuh trimpot ke asalnya. tolong panduannya nih emailku ( hs.toha@gmail.com )

oscar Agus s mengatakan...

Gan klo mau pindah mesin ke tabung laen bisa g ya..?? ad resiko fatal ga gan..?? sya ad monitor 2 yg satu mati dan yg satu msih idup,, saya mau pindah mesin yg idup tadi ke tabung yg mati.." bisa g ya Bos..??
mohon pencerahanya.."

Boleh tukeran link gan..??
http://www.oscarkatro.blogspot.com/

majid mengatakan...

mas gmana y cara perbaikimonjtor yang layarnya kdap-kdip secara gepat sekali. itu apanya yang rusak.tlong dbantu y mas......

Wandi Arnes Abdullah mengatakan...

mas bisa bantu gak,, monitor saya itu kalo hidup pada awalnya gambarnya terang tapi secara berlahan gambarnya jadi mengecil dan hilang! mohon solusinya mas!

servisan mengatakan...

mas,kalo meh buat laporan analisa reparasi monitor yang langsung to the point tuh biasanya apa saja ya... misal;kerusakane garis putih mendatar. biasanya ini,coba cek ini, ini dan ini....
ada garis putih diagonal, biasanya ini,coba cek ini, ini dan ini....

ucok trendy mengatakan...

mas kalo monitor aku pas di hidupin,lampu indikator nya nyala tapi langsung mati lagi,otomatis monitor gak mau nyala. meskipun dilakukan ber ulang kali tetep aja gitu.
kayaknya listrik masuk tp langsung putus lagi.
kira2 knapa ya mas
mohon pencerahannya

Learning Elektronic mengatakan...

mas ... kalau tuker link gimana ?

and mas mampir di blog aku yah .. http://e-learning-lo5t.blogspot.com

They are Here mengatakan...

mas klo VGA menyebabkan monitor rusak gak??

laytan mengatakan...

monitorku warnanya berubah2,,trz kadg jd glap,,dah kusolder dkt playback tp tetep ja,,,gmn nich??

ali mengatakan...

saya punya monetor kalau di hidupkan mungkin kira kira lima menit mati biasanya rusaknya di bagian apa makasih.

ali mengatakan...

saya punya monetor kalau di hidupkan mungkin kira kira lima menit mati biasanya rusaknya di bagian apa makasih.

C@RBON*ho5 mengatakan...

gua ikuti blok anda?bagaimana mencari atu dimana mencari sperapart monitor lcd,apkah anda punya alamat2nya?salam kenal dariku mr.carbon

Naovall puetra bhanua mengatakan...

Mas!,Ada ga'ya? Trantsistor yg mirip K2134 untuk monitor pc.

David Wardana Agus Rahayu mengatakan...

mas kalo kalo monitor hidupnya lama kira2 apanya mas

bales dhapheto@gmail.com

trimakasih

iswanto_te mengatakan...

mas, kalo monitornya warnanya kuning kenapa ya?

Dana Tunai|Dana Cepat|Danaku Syariah mengatakan...

saya mau tanya mas,monitor saya klo dinyalakan tampil tampilan setingan monitornya.Lalu tombol seting monitornya ketika ditekan tidak berfungsi.Itu knapa mas ya?

sint@ mengatakan...

mas monitor gambarnya melengkung knp mas???????????

sint@ mengatakan...

mas monitor gambarnya melengkung knpa mas????????????